Bantuan Ditengah Pandemic. Jadi Harapankah?

admin desa 22 Mei 2020 16:56:17 Berita Desa

Pulosari.desa.id – Wargi Pulosari, sejak diberlakukannya social distanching atau pembatasan social, tidak sedikit berbagai element terkena dampak corona  virus disease 19(Covid-19). Dimulai dari banyaknya gelombang PHK di pabrik-pabrik, di pertokoan. Tak terelakan di wilayah Desa Pulosari, dampak yang sangat terasa adalah para para pelaku usaha di bidang wisata. Bagaimana tidak, Desa Pulosari adalah salahsatu desa yang memiliki destinasi wisata seperti Kawasan Delta, Hutan Pinus Rahong, Rafting, Camping Ground dan semua yang terlibat didalamnya seperti pedagang yang mangkal di sekitar Kawasan wisata. Bahkan beberapa waktu lalu, para petani hampir merasakan hal yang sama yaitu anjloknya statistic penjualan sayuran yang meraka tanam tidak sesuai dengan modal yang dikeluarkan dikarenakan daya beli masyarakat di wilayah hilir mulai berkurang. Namun mendekati Hari Raya Idul Fitri harga sayuran sedikit demi sedikit beranjak normal atau stabil.

Berkaitan dengan dampak dari Covid-19, pemerintah terus berupaya menjalankan fungsinya yaitu sebagai pemberi rasa aman dan nyaman keberlangsungan warga yang terdampak, yaitu dengan menggelontorkan bantuan dari berbagai sumber, sperti dilansir dari Jabarprov.go.id ada sembilan pintu itu adalah Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, bantuan sosial (bansos) dari presiden untuk perantau di Jabodetabek, Dana Desa (bagi kabupaten), Kartu Pra Kerja, bantuan tunai dari Kemensos, bansos gubernur, serta bansos dari kabupaten/kota.

Sampai berita ini naik, sudah ada beberapa bantuan yang mulai cair selain PKH dan BPNT diantaranya Bantuan Sosial dari Kabupaten Bandung sebanyak 2 termin dengan komposisi beras 10Kg, minyak 2 liter dan gula pasir 2Kg, disusul dengan pembagian Kartu Perluasan Sembako dari Kemensos RI sebanyak 835 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan nominal setara Rp. 200.000 selama 9 bulan, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 329 keluarga sebesar Rp. 60.000 selama 3 bulan, dan sebagai sumber terakhir hadir BLT Dana Desa dengan nominal yang sama. Bahkan untuk mempermudah pengecekan warga bisa mengakses cara mengecek Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) disini.

Beberapa waktu lalu Kepala Desa Pulosari Bapak Didin Budiman, beliau menjelaskan pada postingan di grup facebook warga Desa Pulosari (cek disini) disusul dengan penjelasan secara langsung (cek disini) bersamaan dengan waktu pembagian insentive rt dan rw beberapa hari yang lalu, didalamnya berisikan tentang bagaimana, darimana dan kapan bantuan itu datang. Perlu wargi perhatikan, dengan adanya pandemic ini, selain kita diwajibkan untuk menjaga jarak dan melakukan segala sesuatu (hampir) seluruhnya di rumah, dalam hal bantuan, wargi juga dihimbau untuk sabar dalam mengharapkan bantuan yang akan datang, pasalnya ditingkat desa, puskesos senantiasa bekerja keras memenuhi kebutuhan data yang diperlukan sebagai ajuan untuk bahan bantuan. Meski polemic tiada henti datang, seperti data yang diajukan tidak sesuai dengan yang akan cair, tentu masih banyak cara untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya. Contoh dalam kegiatan pembangunan Dana Desa, warga bisa ikut andil dalam kegiatan tersebut dalam memenuhi poros Padat Karya Tunai, warga diajak untuk Bersama membangun kampungnya dalam satu kegiatan pembangunan. Disisi lain, meski banyak warga mengharapkan akan bantuan, tidak sedikit warga yang enggan mengharapkannya, bukan karena tidak membutuhkan, namun yang paling penting adalah berakhirnya wabah ini, seperti yang diungkapkan oleh ibu Ai (33) menurutnya hidup normal adalah harapan terbesar selama ini, bukan bantuan dari pemerintah atau dari manapun, karena bagaimanapun, kehidupan normal menjadi barang mahal disaat seperti sekarang.

Oleh Admin Website Desa Pulosari

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Sinergi Program

Kabupaten Bandung Humas jabar Akun Resmi FB Bappeda Jabar
Website Kementrian Perdesaan Akun Facebook Kepala Desa Pulosari Akun Facebook Resmi Desa Pulosari
website kecamatan pangalengan portal desa Program Adipura
CSR Jabar Lapor Lpse
e-Sakip Saporsi Merdesa.id
Kominfo
Layanan Covid-19

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Cinangsi No. 01 Pangalengan
Desa Pulosari
Kecamatan Pangalengan
Kabupaten Bandung
Kodepos 40378
Telepon http://bit.ly/whatsappdesaPulosari
Email desapulosaripln@gmail.com

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

DIRGAHAYU TNI KE 74