"Ngabekong" Tradisi Penyemaian Yang Masih DI Lestarikan di Desa Pulosari

OpenSid 08 Agustus 2019 09:39:14 Berita Desa

Desa Pulosari yang terletak di kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung merupakan desa agraris, karena tanah di sini sangat subur sehingga cocok ditanami berbagai macam sayuran jenis holtikultura. Maka dari itu mayoritas warga di desa ini bekerja sebagai petani. Namun tidak sama seperti petani pada umumnya. Petani di desa Pulosari mempunyai tradisi yang unik yaitu ngabekong.

Ngabekong adalah istilah bahasa Sunda yang berarti proses pembibitan menggunakan daun pisang atau daun bambu sebagai wadah untuk pupuk. Ngabekong bertujuan untuk memudahkan pemindahan tanaman dari sebaran ke lahan dan juga membantu proses pertumbuhan akar agar lebih kuat atau lebih baik dibandingkan tidak di-bekong­. Proses ngabekong ini sangatlah mudah, kita hanya harus menyiapkan daun pisang atau daun bambu tetapi pada umumnya warga di sini menggunakan daun pisang karena mudah dibentuk, siapkan juga bambu kecil atau seumat (sebutan warga di sini) untuk menusuk daun pisang yang akan dibentuk campuran yang akan dimasukan ke dalam daun pisang ini adalah pupuk kandang dan tanah. Bentuk daun pisang melingkar lalu tusukan ujung daun pisang dengan bambu kecil. Setelah itu masukan campuran yang sudah dibuat ke dalam daun pisang lalu masukan bibit yang akan ditanam.

Proses ngabekong ini tidak berlaku untuk semua tanaman, hanya bisa digunakan untuk tanaman tertentu saja diantaranya, pecay (sawi putih), kol dan tomat. Tidak jarang juga digunakan untuk cabai. Tetapi tanaman yang sering menggunakan metode ngabekong adalah tomat. Tomat merupakan tanaman yang bisa sering kita jumpai di desa ini, alasan utama kenapa tomat harus di-bekong adalah akar tomat ini mudah rusak atau layu.

Mayoritas warga di Desa Pulosari menganggap bahwa metode ngabekong ini mempermudah kerja mereka dalam menghasilkan tanaman yang bagus untuk dipasarkan. Metode ini bisa kita gunakan selain untuk menghasilkan tanaman yang bagus, bisa juga untuk mempertahankan tradisi yang ada di desa ini agar tidak punah.

 

Oleh Koresponden

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Sinergi Program

Kabupaten Bandung Humas jabar Akun Resmi FB Bappeda Jabar
Website Kementrian Perdesaan Akun Facebook Kepala Desa Pulosari Akun Facebook Resmi Desa Pulosari
website kecamatan pangalengan portal desa Program Adipura
CSR Jabar Lapor Lpse
e-Sakip Saporsi Merdesa.id
Kominfo
Layanan Covid-19

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Cinangsi No. 01 Pangalengan
Desa Pulosari
Kecamatan Pangalengan
Kabupaten Bandung
Kodepos 40378
Telepon http://bit.ly/whatsappdesaPulosari
Email desapulosaripln@gmail.com

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Jadwal Sholat


jadwal-sholat

DIRGAHAYU TNI KE 74

TES ARTIKEL

adadad