rss_feed

Desa Pulosari

Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat

Jl. Cinangsi No. 01 Pangalengan   0   40378  
desapulosaripln@gmail.com    http://pulosari.desa.id/first

fingerprint
18 Kecamatan Akan Diintervensi Menjadi Kampung Saber

13 Apr 2018 08:01:14 234 Kali

Asep ‘Kampung Saber, solusi sampah melalui kearifan lokal”

Tahun 2018, sebanyak 18 Kecamatan di Kabupaten Bandung akan diintervensi oleh pemerintah, dalam program Kampung Sabilulungan Bersih (Saber). Sebagai upaya mendukung program Bandung Bersih Sampah 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggagas program tersebut sebagai konsep kampung Desa berkelanjutan untuk desa yang belum diintervensi program Eccovillage, yang penduduknya menerapkan kaidah lingkungan, dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah,S.Sos.,M,Si mengungkapkan secara historis kearifan lokal masyarakat Sunda terhadap lingkungan hidup, sudah sangat baik. Melalui program tersebut, pihaknya menyasar kesiapan masyarakat untuk lebih mandiri memahami permasalahn lingkungan hidup di desanya dan mencari solusi atas permasalahan tersebut, serta melakukan pengolahan lingkungan secara konsisten dan berkelanjutan. Dari jumlah 270 desa dan 10 kelurahan, program Kampung Saber akan mengintervensi wilayah yang tidak masuk dalam 165 desa ecovillage yang dibentuk Provinsi Jabar.

“Tahun 2018 ini kita intervnsi 25 desa di 18 Kecamatan untuk membentuk Kampung Saber. Jadi sebagaimana disampaikan Pak Bupati , kalau bicara sampah, bicara lingkungan. Kita bicara peradaban, dan perilaku. Sehingga intervensi kita adalah, bagaimana membangun perilaku yang sebetulnya sudah dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya perilaku hidup bersih perilaku cinta lingkungan. Kemudian mencoba dipoles kembali nilai-nilai baik yang ada di desa dan di masyarakat, supaya bisa muncul menjadi sebuah identitas peradaban menuju kabupaten Bandung bersih sampah 2020,” ungkap Kepala DLH usai acara Sosialisasi Pembentukan Kampung Saber di Bale Kandaga Soreang, Kamis (12/4).

Asep Kusumah menjelaskan, dorongan dari indikator Kampung Saber adalah bagaimana semua desa itu memiliki keunggulan, memiliki basis yang memang sudah melekat ada di kehidupan masyarakat termasuk juga di kondisi alamnya.

“Dari pengalaman kita, evaluasi kampung saber 2017 itu sudah lahir basis- basis di 10 desa yang menjadi rintisan. ada desa atau Kampung Saber yang berbasis ekowisata. Mereka mencoba memanfaatkan sungai, di mana sungai itu tadinya kotor, lalu mereka bersihkan kemudian mereka tata, sehingga layak untuk menjadi tempat berkumpul warga. Ke depan, mudah-mudahan menjadi destinasi wisata, baik wisata pemandangan atau bermain atau wisata ikan, seperti di Desa Margahurip Asih Kecamatan Banjaran,” paparnya.

Inovasi lain dari Kampung Saber 2017 tambahnya, juga hadir di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka, yang basisnya konservasi. ada pohon kelahiran, kalau ada yang melahirkan itu sebelum minta surat keterangan lahir dari desa, diwajibkan menanam 2 pohon, melalui program Sabilulungan Tanam Pohon (Satapok).

“Berikutnya juga ada desa yang basisnya daur ulang, jadi mereka menjadikan ini sebagai keunggulan. beberapa produk yang kemarin lahir, ada bikin pot bunga dari Pampers, ada pot bunga dari bekas handuk, dari bekas baju. Yang alhamdulilah bahwa pendekatan kita adalah kita sangat yakin nilai-nilai kebaikan nilai-nilai kearifan lokal itu sudah ada, tinggal bagaimana program Kampung Saber sesuai harapan Pak Bupati Bandung bisa menstimulan nilai-nilai itu bangkit kembali,” harapnya.

18 Kecamatan tersebut lanjut Asep diantaranya, Arjasari, Banjaran, Cangkuang, Cicalengka, Cikancung, Cilengkrang, Cileunyi, Cimenyan, Ciparay, Ciwidey, Kutawaringin, Margaasih, Margahayu, Nagreg, Pangalengan, Rancaekek, Soreang dan Kecamatan Rancabali, dengan intervensi program di 25 desa/ kelurahan.

“Dari indikator Kampung Saber, yang paling fundamental adalah lahirnya peraturan Desa mengenai lingkunga. Bagaimana Pak Bupati melahirkan Peraturan daerah tentang RPJMD, melahirkan Peraturan Daerah tentang pengolahan sampah, tetapi desa belum melahirkan sebuah goodwill dalam bentuk peraturan Desa yang langsung berkenaan dengan masyarakat,” ungkapnya dihadapan para Kepala Desa.

Indikator Kampung Saber tambahnya, harus mampu melahirkan kader lingkungan yang menjadi pelopor kegiatan-kegiatan lingkungan hidup, menciptakan kebiasaan swadaya & gotong royong secara rutin dalam kegiatan masyarakat, dilakukannya pengelolaan sampah prinsip 3R.

“Selain itu harus terbangun sarana & prasarana pengelolaan lingkungan hidup, terlaksananya kegiatan penghijauan (KRPL, konservasi lahan kritis), kampanye lingkungan setiap kegiatan desa, terbangunnya perilaku hemat energi & sumber daya alam, tersusunnya Rencana Aksi Desa, tersusunnya Perdes Lingkungan Hidup dan ditunjuknya lokasi percontohan ,” pungkasnya.

Sumber : Press Release Kominfo Setda repost Pemkab. Bandung

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

  [Ganti]  

reorder Peta Desa

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:783
Kemarin:524
Total Pengunjung:539.390
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:202.180.16.2
Browser:Tidak ditemukan

event Agenda


  • Belum ada agenda

Alamat : Jl. Cinangsi No. 01 Pangalengan
Desa : Pulosari
Kecamatan : Pangalengan
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40378
Telepon : 0
Email : desapulosaripln@gmail.com

insert_photo Galeri Foto

reorder Peta Lokasi Posyandu dan Status Strata

folder Arsip Artikel


assessment Statistik Desa

message Komentar Terkini

  • person Kukuh ady prasetyo

    date_range 26 November 2019 11:46:27

    Kabupaten Semarang...baca selengkapnya [...]
  • person ECEP K

    date_range 27 November 2017 09:47:33

    duh punten taun periode manawi tiasa d robih lepat...baca [...]
  • person HANI

    date_range 13 April 2020 12:52:12

    [...]
  • person hendar

    date_range 13 April 2020 12:52:12

    alhamdulillah, nu diantos2 teh dongkap oge penceta...baca [...]
  • person sumpena

    date_range 27 Februari 2020 09:02:05

    tempatnya bagus, nqmun di pintu timur kebersihan k...baca [...]
  • person fanny

    date_range 19 Juli 2019 10:29:58

    semoga tradisi seperti ini tetap dijaga dengan tid...baca [...]
  • person tiara

    date_range 12 November 2017 10:39:03

    Selamat siang, saya mahasiswi dari salah satu univ...baca [...]
  • person Edi gito

    date_range 27 November 2017 09:47:33

    Hatur nuhun pa usan...baca selengkapnya [...]
  • person susan

    date_range 24 November 2018 20:37:40

    gempa lanjutan/ susulan hari ini (rabu, 24/1/2018)...baca [...]
  • person ani

    date_range 23 Oktober 2018 06:31:18

    duh bu kades meni giat ngasih pendampinganna,, di ...baca [...]

contacts Info Media Sosial

map Wilayah Desa

reorder Jadwal Sholat


jadwal-sholat

reorder DIRGAHAYU TNI KE 74

  • AGUS RUSMAN

    Kepala Desa

  • Sekretaris Desa

  • Kasi Pemerintahan

  • Kaur Keuangan

  • Kaur Perencanaan

  • Kepala Dusun 1

  • Kepala Dusun 2

  • Kepala Dusun 3

  • Kasi. Kesra

  • Staf 1

  • Babinsa

  • Bhabinkamtibmas

settings Pengaturan Layar

fingerprint

783 views

Pengunjung Hari Ini

149.43 %
Kemarin 524 views

router OpenSID 21.09

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Pulosari