rss_feed

Desa Pulosari

Jl. Cinangsi No. 01 Pangalengan
Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat
Kode Pos 40378

mail_outline pulosari@bandungkab.go.id

  • AGUS RUSMAN, S.Ip

    Kepala Desa

    Tidak Ada di Kantor
  • MAMAT PRIATNA

    Sekretaris Desa

    Tidak Ada di Kantor
  • AGUS

    Kasi Pelayanan

    Tidak Ada di Kantor
  • DEVI RIZALUL FIKRI

    Kasi Kesejahteraan

    Tidak Ada di Kantor
  • SUSAN SOMANTRI

    Kaur Keuangan

    Tidak Ada di Kantor
  • DIN MULYADI

    Kaur Perencanaan

    Tidak Ada di Kantor
  • NUR SETIAWATI

    Kaur Tata Usaha dan Umum

    Tidak Ada di Kantor
  • IMAS EWIN

    Kadus I

    Tidak Ada di Kantor
  • INDRA LESMANA

    Kadus II

    Tidak Ada di Kantor
  • SONI MUHAMAD SAFA AT

    Kadus III

    Tidak Ada di Kantor
  • AGUNG NURALIM

    Kadus IV

    Tidak Ada di Kantor
  • AYI SUTISNA

    Kadus V

    Tidak Ada di Kantor
  • AGUS GUNAWAN

    Staf Perangkat Desa

    Tidak Ada di Kantor
  • EROS ROSITA

    Pembantu Umum

    Tidak Ada di Kantor
  • HENDRA KARTIKA

    Tidak Ada di Kantor
  • DERA CITAMALA

    Tidak Ada di Kantor
  • SERDA. TATANG TARYANA

    Tidak Ada di Kantor
  • BRIPKA ANGGA WIDYA,S.Hi

    Tidak Ada di Kantor

settings Pengaturan Layar

Selamat datang di Website Resmi Desa Pulosari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat
Bulan Ini
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang
Bulan Lalu
Kelahiran
0 Orang
Kematian
0 Orang
Masuk
0 Orang
Pindah
0 Orang

1

Hari Ini

0

Kemarin

1

Minggu Ini

1

Bulan Ini

23

Bulan Lalu

38

Tahun Ini

120

Tahun Lalu

497

Total
fingerprint
Situ Cileunca Ikon Desa Pulosari

23 Agustus 2016 20:05:21 568 Kali

Objek Wisata dari Kota Bandung tak akan pernah kehabis-habisnya untuk untuk dieksplorasi para pemburu wisata. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata alam hampir semuanya ada di Bandung. Tentunya salah satunya yang akan kami kupas dalam pembahasan kali ini. Yaitu tentang wisata alam yang yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi di Bandung yang memiliki nama Situ Cileunca. Banyak sekali wisatawan baik manca maupun lokal yang berkunjung.

 

Meskipun tempat tersebut merupakan wisata alam hasil karya manusia. Namun panoramanya tidak kalah dengan yang alami sungguhan sehingga dapat menjadikan seseorang menjadi tenang, damai ketika disana. Objek wisata yang sangat luar biasa tersebut mencoba merupakan hasil perpaduan. Yaitu antara panorama keindahan alam yang asri dan hijau dengan hamparan air berwarna biru jernih. Ditambah bumbuan semilir sejuknya hembusan angin yang terasa dingin.

Alamat dan Peta Lokasi Situ Cileunca Pangalengan

Membahas tentang manfaat berarti berbicara masalah seseuatu yang bisa bigunakan oleh orang lain untuk kesejahteraan hidupnya. Begitupun juga dengan wisata Situ Cileunca tersebut selain memberi kemanfaatan sebagai objek wisata. Ternyata tempat di Bandung tersebut memiliki memanfaatan yang lainnya. Kemanfaatan yang sangat besar tersebut yaitu sebagai sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) kota bandung selatan.

 

Pemanfaatan tersebut sangatlah cocok sekali dengan keadaan tempat tersebut yang berupa sebuah danau buatan seluas 1.400 hektar. Dan lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi atau pegunungan sehingga menujang untukmengalirkan air dari danau ke Sungai Palayangan. Sehingga masyarakat tidak bingung pada masalah pengairan di daerah tersebut meskipun daerahnya berupa pegunungan. Hal inilah juga yang menjadikan objek wisata alam di Bandung tersebut sangat dingin.

Fasilitas Situ Cileunca Pangalengan

Banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung Situ Cileunca. Namun sebelum hal itu perlu diperhatikan dulu sebelum anda memasuki kawasan wisata. Pertama ketika Anda ingin memasuki gerbang Utama maka bayarlah tiket terbih dahulu sebesar Rp 5000 perorangnya. Namun Apabila membawa kendaraanbermotor sesuai dengan aturan yang tertera, Anda dikenakan biaya yakni Rp 14.000 untuk setiap sepeda motor dan penumpang.

 

Setelah memasuki wahana banyak sekali fasilitas yang anda dapatkan yang pertama Anda bisa menikmati wisata Situ ini dari pinggir danau. Namun untuk menuju ketengah danau Anda juga disediakan fasilitas berupa perahu. Harga yang ditawarkan untuk perahu kurang lebih sekitar Rp 75.000 setiap perahunya  yang dapat diisi sekitar 10 orang. Dengan begitu akan sangat murah jika perahu tersebut penumpang terisi penuh, jika dirinci maka harganya sekitar Rp 7500 perorang.

Selain itu, dari sisi yang lain banyak sekali fasilitas lainnya di Situ Cileunca. Hal ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki hobi wisata adventure dan Arum Jeran. Keduanya ini bisa Anda dapatkan di tempat tersebut karena lokasinya yang sangat mendukung. Wisata Arum Jeram dengan menelusuri aliran sungai Cileunca yang mempunyai arus cukup deras. Disamping itu juga ada wisata outbond dan juga permainan Paint Ball yang sering di lakukan oleh para wisatawan.

Kemudian wahana lain seperti Jembatan Cinta di daerah Dam Pulo. Wisata Bandung ini terletak di pintu masuk utama objek wisata Situ Cileunca tersebut. Ketika menuju kesana arahannya adalah berhenti di daerah perempatan sebelum memasuki areal Situ Cileunca. Dari perempatan kecil tersebt silahkan anda berbelok ke kiri dan menelusuri pematang atau pinggiran Situ Cileunca yang berupa bendungan. Jembatan yang sangat besar dan modelnya yang sangat unik.

Sejarah Awal Mula Situ Cileunca Pangalengan

Wilayah Situ tersebut juga dikelilingi oleh dua perkebunan teh yakni yang menambah kesan harmonis. Tempat itu adalah Perkebunan Teh Malabar dan Perkebunan Teh Cukul. Untuk perkebunan Teh Cukul tersebut terletak pada jalur utama Pangalengan, Cisewu, Rancabuaya, yaitu jalur alternatif Bandung – Garut.

situ cileunca

Pada pembahasan yang lebih lanjut ini akan dibahas tentang asal mula dari danau atau Situ Cileunca . Dari cerita yang beredar di masyarakat setempat tentang telaga ini, semula merupakan areal hutan belantara yang sangat lebat sekali. Kemudian sekitar pada tahun 1918 kawasan tersebut dibikin sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga. Buah karya tersebut di buat oleh seorang meneer yang berkebangsaan Belanda ketika masa penjajahan dulu.

chat
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

assessment Statistik

folder Arsip Artikel


event Agenda


  • Belum ada agenda

insert_photo Galeri

account_circle Pemerintah Desa

message Komentar Terkini

contacts Media Sosial

map Wilayah Desa

Alamat : Jl. Cinangsi No. 01 Pangalengan
Desa : Pulosari
Kecamatan : Pangalengan
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40378
Telepon : 0
No. HP : 0
Email : pulosari@bandungkab.go.id

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini : 306
Kemarin : 332
Total Pengunjung : 7.804
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 34.228.168.200
Browser : Tidak ditemukan